May 19, 2024
.Sumber: Istimewa
Ket: Bupati Gresik H.Fandi Akhmad Yani menerima penghargaan E-Purchasing Awards 2022 dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Sumber: Istimewa)

Gresik, rumahpemuda.go.id – Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani menerima penghargaan E-Purchasing Awards tahun 2022 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Penghargaan itu diberikan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Ballroom Grand City Surabaya pada Senin, (29/5/2023). Penghargaan tersebut merupakan komitmen Kabupaten Gresik dalam menyelenggarakan pengadaan barang dan jasa secara elektronik.

Kabupaten Gresik mendapat peringkat ke-3 dengan transaksi pemanfaatan pengadaan barang dan jasa melalui E-Katalog lokal dengan jumlah sebanyak Rp 95.111. 503. 682. Peringkat ke-2 diraih Kabupaten Banyuwangi dengan total transaksi sebanyak Rp 127. 961. 255. 526. Sedangkan peringkat ke-1 diberikan kepada Kota Surabaya dengan total transaksi sebanyak Rp 365. 551. 402. 119.

Setelah menerima penghargaan, Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani itu menyampaikan bahwa melalui penghargaan tersebut diharapkan mampu mewujudkan good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik. Dirinya juga menerangkan dengan adanya marketplace, persoalan administrasi pengadaan barang dan jasa lebih terbuka, akuntabilitas, transparan dan responsif.

“Pemerintah kabupaten atau kota tidak perlu berlomba lomba dalam membuat platform marketplace. Sekarang bisa melalui E-Katalog LKPP atau melalui E-Katalog yang sudah dibuat oleh pemerintah provinsi Jatim yaitu Jatim Bejo (Jawa Timur Belanja Online)” terang Gus Yani.

Lebih lanjut, Gus Yani mengatakan bahwa kabupaten atau kota bisa memasukkan suatu barang dan jasa melalui Jatim Bejo serta dapat ditayangkan melalui digitalisasi proses pengadaan barang dan jasa tersebut.

“Yang harus kita dorong sekarang produk UMKM kita, kedalam E-Market ini bisa melalui Mbiz, Jatim Bejo, maupun E Katalog LKPP,“ lanjut Gus Yani.

Tak hanya itu, Gus Yani juga menekankan melalui upaya tersebut agar menjadi komitmen pemerintah dalam rangka peningkatan pelayanan publik, pengembangan perekonomian nasional dan daerah, serta memberikan pemenuhan nilai manfaat yang maksimal.

“Tidak hanya digital ekosistem yang dibanggakan. Pemkab Gresik juga akan mendorong OPD, untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran UMKM dan pembangunan berkelanjutan,“ pungkas Gus Yani.

Sebagai informasi, penyerahan penghargaan E-Purchasing Awards tahun 2022 tersebut dilaksanakan bersamaan dengan persemian penambahan marketplace dan metode pembayaran (Virtual Acount) oleh Gubernur Jatim Khofifah dan didampingi oleh Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) RI Hendrar Pribadi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur Agung Mulyono, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adi Karyono, serta Bupati/Walikota dan pejabat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) se-Jawa Timur.

Penulis: Rea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *